Rabu, 30 November 2011

CARD READER

          Dalam bahasa inggris disebut dengan card reader, dalam bahasa Indonesia sering di sebut kartu memori. Pengertian secara umumnya adalah pembaca kartu memori atau alat untuk membaca kartu memori. Card reader biasanya di hubungkan ke komputer dengan kabel USB. USB berfungsi untuk mengakses data pada kartu memori.
          Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk membaca satu jenis kartu memori saja, namun seiring majunya teknologi. Kini banyak memory card reader yang dapat membaca berbagai jenis kartu memori. Alat ini sering disebut dengan Multicard reader.
Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB, 128MB, 256MB, dan lain-lain. Kartu memori terdapat beberapa tipe yang samapi sekarang ini ada kurang lebih 43 jenis. Jumlah kapasitas terbesar pada saat ini adalah tipe CF (compact Flash) dengan 8GB (1GB = 1024MB, 1048576KB).

FUNGSI CARD READER

 Fungsi Card Reader adalah sebagai alat perantara untuk membaca kartu memori, yaitu handphone/Camera Digital/PDA. Tetapi sebelumnya memory harus dilepaskan terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam slot / multi slot lubang Card Reader.
Ada 2 tipe:
1.      single slot
Yaitu berupa Card Reader yang satu lubang, biasanya disebut 2in1, 3in1, 5in1 dan lain-lain. Tipe ini biasanya hanya bias membaca jenis memori dari Nokia, MMC, RSMMC, RSMMCDV, SD Card dan T-Frash.
2.      multi slot
Perbedaan dengan single slot, multi slot memiliki 4 slot/lubang. Card reader tipe ini biasanya di sebut 9in1, 12in1, 15in1, 19in1, dan lain-lain. Tapi sekarang bias disebut dengan “All in 1” kenapa “in” nya lama-lama semakin banyak? Karena teknologi semakin berkembang dan bertambah. Jenis kartu yang bias dibacapun semakin banyak, contohnya Memori Stik Duo dan Stik Pro Duo nya Sony Ericsson, CF (Compact Flash) Card yang umumnya untuk kamera Digital, XD, MicroDrive, Secure Media (SM), dan lain-lain.

Panduan Dalam Membeli Memory Card atau Card Reader   

Benda satu ini sama pentingnya dengan kartu memori. Penting karena membantu kita memindahkan data dari kartu memori ke PC atau sebaliknya. Semua data yang kita miliki hasil foto, file pekerjaan, tugas kampus, bisa dengan mudah beralih tempat karena memory card reader/writer ini.

         Jika kita belum memilikinya, coba teliti sebelum membeli. Ada banyak tipe dan merek memory card reader/writer yang tersedia di berbagai tempat. Apa saja yang perlu kita perhatikan?
1. Baca info spesifikasi yang tertera pada kemasan produk
Pada produk tertentu diberikan secara jelas kartu memori apa saja yang bisa dibaca oleh memory card dan hingga kapasitas berapa memory card tersebut mampu membaca data.  Bacalah informasi spesifikasi yang tertera pada kemasan produk. Umumnya untuk produk seperti memory card tidak tersedia buku manual, informasi spesifikasi bisa mudah ditemukan pada bagian depan dan belakang kemasan produk.
2. Apakah tersedia slot kartu yang cocok dengan kartu memori yang kita miliki.
Misalnya kartu memori yang kita miliki jenis CF (Compact Flash) maka carilah memory card reader yang menyediakan slot untuk CF. Umumnya pada produk tertera berapa banyak slot kartu yang tersedia untuk bermacam jenis kartu memori.
3. Belilah memory card yang bisa membaca banyak kartu pada satu slot tertentu dan membaca data multi kartu secara bersamaan.
Sudah ada produk memory card yang mampu membaca banyak jenis kartu memori pada satu slot. Misalnya satu slot bisa membaca dua jenis kartu, Micro SDHC, dan Micro-SD (T-Flash). Atau satu slot yang mampu membaca data dari kartu SD, SDHC, Mini-SD, Mini-SDHC, MMC, dan lain-lain. Fitur membaca multi kartu pada saat bersamaan tentu membuat pekerjaan memindahkan data menjadi lebih mudah dan cepat. Ada tiga tipe Memory card reader yaitu single card (1x SD), multi card (misalnya 9 in 1), series card (misalnya 4x SD)
4. Perhatikan kapasitas data maksimal yang bisa dialihkan sesuai informasi yang tertera pada kemasan produk.
Pengalaman saya, ketika saya ingin lakukan pemindahan data menggunakan memory card ternyata tidak bisa karena kapasitas simpan kartu memori SD saya adalah 4 Gb sementara memory card reader/writer yang akan saya gunakan hanya mampu menerima kartu memori SD maksimal sampai 2 Gb.




sumber:
http://sintawonnie.wordpress.com/2009/10/15/8/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar