Rabu, 30 November 2011

INTERNAL MODEM


    Modem merupakan kependekan dari Modulator Demodulator. Alat ini memungkin kan PC, mini komputer, atau mainframe untuk menerima dan mengirimkan paket data dalam bentuk digital melalui saluran telepon. modem digunakan untuk menghubungkan PC dengan internet. Cara menghubungkan PC dengan internet ada beberapa macam, yaitu dengan mengunakan line telepon, kabel modem, wireless modem, satelit, ADSL (asymmetric Digital Subsciber Line), dan lain sebagainya.


terdapat 2 macam modem yg kita gunakan, yitu modem internal dan modem eksternal  
 Modem Internal
       Modem internal merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Modem internal mempunyai kecepatan untuk melakukan download informasi rata-rata 56 Kbps. Modem internal mempunyai bentuk berupa card (mirip dengan VGA card). Sistem pemasangan modem ini lebih mudah dibandingkan dengan modem eksternal. Hal ini disebabkan karena modem internal langsung dipasang dalam mainboard dan juga tidak membutuhkan adaptor dengan kabel penghubung yang menghubungkan modem telepon.

"Internal Modem", iaitu modem berjenis kad sirkit digunakan dengan memasang atau melekatkannya pada litar PCI. Litar PCI ini didapati pada kebanyakn PC sekarang dimana ianya khas digunakan untuk menampung penambahan kad-kad assesori pada PC seperti 'sound card', 'graphic card' dan sebagainya. Kebiasaannya, moden internal ini juga dikenali sebagai PCI modem. Modem berjenis ini adalah lebih murah kerana buatannya adalah lebih ringkas tanpa memerlukan kotak. Ia senang dipasang tanpa memerlukan kabel.
Terdapat dua jenis modem seperti ini iaitu 'software modem" dan "hardware modem". "Software modem" ini adalah modem yang menggunakan perisian khas untuk menjanakan sistem processor PC bagi menjalankan fungsi modem tersebut. "Hardware modem" pula menggunakan perkakasannya sendiri untuk menjalankan modemnya. Jadi disini adalah jelas bahawa 'hardware modem" adalah lebih baik disebabkkan ia tidak mengganggu sumber sistem prosessor PC bila modem berjalan. Walaubagaimanapun, kedua-dua modem jenis ini adalah lebih mudah disambar petir berbandingkan dengan "external modem".
.


Modem internal



Modem internal bentuknya hampir sama dgn LAN card yang kita pasangkan pada salah satu slot komputer dan menggunakan power suplply dari PC, sementara modem eksternal sudah ada tempatnya yg menggunakan power supply yg terpisah dr CPU dan pada umumnya sudah memiliki adaptor tersendiri, modem eksternal tersambung pada komputer menggunakan kabel serial yg terkoneksi pada port serial dibelakang PC dan isambungkan ke LAN card.Secara letak fisik, modem dibagi menjadi dua yaitu modem Internal dan Modem Eksternal. Modem Internal Sesuai gambaran dari namanya, letak modem ini berada didalam dan terpasang langsung didalam CPU. Secara fisik modem internal serupa dengan sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. Penggunaan modem ini memiliki keuntungan dan kerugian, keuntungannya antara lain adalah lebih hemat tempat atau efisiensi tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Terletak didalam CPU, maka modem ini tidak memerlukan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel yang bisa memberi kesan kurang rapi. Selain itu, ada juga kelemahan dari modem jenis ini, modem internal memiliki kelemahan berupa tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. Akibatnya sedikit sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). Selain itu, modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU. Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU.
modem eksternal modem internal memiliki kelebihan lebih murah dibanding modem eksternal hal ini membuat kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Modeminternal juga lebih hemat tempat karena terpasang langsung pada CPU computer. Selain itu modem internal juga tidak membutuhkan adaptor seperti modem eksternal sehinga terkesan lebih ringkas dan praktis. Namun walaupun begitu modem internal juga memiliki kekurangan yaitu pada modem internal tidak terdapat indicator sebagaimana yang biasa kita jumpai pada modem eksternal sehingga akan sangat sulit mengetahui keadaan modem. Dan juga modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga harus dicatu dari power supply pada CPU hal ini membuat daya yang di gunakan pada CPU harus lebih banyak sehingga tidak hemat listrik.


Nama: Elza Putri. N


http://id.wikipedia.org/wiki/Modem

1 komentar:

  1. T-Tier titanium suppressor | T-Tier - Titanium Sports
    T-Tier stainless steel vs titanium apple watch titanium suppressor. T-Tier titanium suppressor, titanium dioxide, psilocybin. hypoallergenic titanium earrings It silicone dab rig with titanium nail is titanium gold a lightweight incendiary device. In order to increase your microtouch titanium trim as seen on tv

    BalasHapus